P.A.C.E
Brain Gym ini adalah Gerakan yang memerlukan
pengulangan dan konsentrasi. Sebaiknya lakukan 3 kali dalam sehari yang
disesuaikan dengan rutinitas anak, misalnya pada saat pagi hari, sesudah mandi,
siang hari sesudah istirahat dan sore hari. Selain itu di setiap gerakan juga
terdapat pengulangan gerakan.
Namun jangan jadikan kegiatan ini menimbulkan
stress pada anak. Sebaiknya gerakan dilakukan dalam keadaan rileks.
Langkah Pertama dalam Brain Gym meliputi :
PACE (Positive,
Active, clear dan Energetic) Positif, aktif, tanggap dan energik.
PACE terdiri atas 4 Gerakan sederhana :
1. MINUM AIR
(untuk usia di bawah 2 tahun ganti air dengan
ASI)
Minumlah air putih dalam jumlah yang cukup
banyak, yaitu 0.3 - 0.4 liter/10kg berat badan sehari. Bila banyak stress atau
berkeringat minumlah air dengan ukuran 0.6 liter/10 kg berat badan.
Minumlah banyak air di antara jam makan dan
bukan pada saat makan. Makanan dikunyah sampai mencair di mulut. Pencernaan
kurang sempurna bila cairan lambung diencerkan dengan banyak air pada saat
sekitar makan (mulai 20 menit sebelum makan hingga 1 jam seudah makan tidak
minum).
Makanlah buah dan sayur. Makanan yang telah
diawetkan kurang mengandung air, juga juga kopi, soda menunjang dehidrasi
tubuh. Makanan yang mengandung air secara alamiah seperti buah-buahan dan sayur
mayur menolong untuk kelembaban tubuh termasuk usus.
Tubuh kita terdiri dari + 70%
air, air sangat diperlukan sebagai pengantar energi listrik.
Sebuah aktivitas listrik dan kimiawi di otak
dan system syaraf pusat tergantung pada kelancaran pengaliran antara otak dan
organ panca indera. kemampuan pengaliran ini dapat ditingkatkan dengan minum
banyak air.
Tujuan :
1. meningkatkan komunikasi listrik dan kimiawi
antara otak dan system syaraf
2. Menunjang kemmapuan menyimpan informasi dan
kesiapan untuk memakainya
3. Meningkatkan kemampuan berkonsentrasi
4. Menunjang koordinasi mental dan tubuh
5. Mengurangi Stress
6. meningkatkan semua keterampilan yang
diperlukan untuk belajar.
2. SAKELAR OTAK
Tujuan :
1. Koordinasi dua belahan otak
2. Meningkatkan lancarnya pengaliran darah ke
otak (zat asam ke otak)
3. Meningkatkan keseimbangan badan, misa.
sebelum gerakan silang
4. Meningkatkan kerjasama kedua mata dan dapat
mengurngi juling
5. Meningkatkan penerimaan zat asam di otak
6. Melancarkan Pengiriman informasi dari otak
aknan ke sisi tubuh kiri dan sebaliknya
7. Meningkatkan penglihatan
9. Menunjang kemampuan membedakan huruf
10. Bila membaca tetap dalam baris
Waktu: 20 - 30 detik
Keterangan : Pijatlah dua titik/lekukan di bawah tulang selangka,
kiri kanan dari tulang dada dan tangan lainnya diletakkan di daerah pusar.
Saklar otak yang lain : digosok bagian
bibir bagian atas dan bawah dengan jari telunjuk dan jari tengah sambil
1. Memegang daerah pusar
2. Menggososk tulang ekor
3. Menggosok daerah pusar dan Tulang ekor
Tangan di pusar menyeimbangkan impuls-impuls
yang berhubungan dengan telinga bagian dalam dan berpengaruh pada kemampuan
belajar.
Untuk orang/anak yang punya riwayat kejang
dan hiperaktif saklar otaknya : Tangan kiri pegang pusar, telunjuk dan jari
tangan kanan pada titik sebelah kiri meridian ginjal 27
Tangan kanan pegang pusar, telunjuk dan
jari tangan kriri pada titik sebelah kanan meridian ginjal 27.
3. GERAKAN SILANG
Tujuan :
1. Meningkatkan kesadaran tubuh
2. Menghilangkan stress
3. Pikiran jadi jernih
4. Daya ingat dan daya pikir meningkat
5. Merangsang kelancaran cairan otak
6. Meningkatkan koordinasi tubuh
7. Mempemudah belajar
8. Menyeimbangkan emosi
9. Mengatur tekanan darah
10. Meningkatkan penglihatan dan pedengaran
11. Melancarkan pencernaan
12. Meningkatkan energi tubuh
13. Meningkatkan IQ
14. Menghilangkan kekakuan
15. Meningkatkan kesadaran akan kesehatan
16. Meningkatkan rasa gembira
17. Mengaktifkan kedua belahan otak
18. Menunjang hal dalam menulis, mendengar dan
pemahaman tentang bacaan
19. Meningkatkan koordinasi kiri dan kanan
20. Mempermudah koordinasi
Waktu : + 3 menit
Cara : Tangan/ Siku kiri menyentuh lutut kanan
(Tangan kanan relaks disamping badan), dan sebaliknya.
Banyak jenis Gerakan silang dibuat.
Bila anak masih melakukan gerakan satu sisi
(homolateral) maka pengaruhnya anak akan kesulitan membaca/menulis.
NB : Untuk anak yang belum mampu gerakan
silang jangan diberikan terlebih dahulu. Berikan homolateral baru pelan-pelan
dicoba untuk gerakan silang dan disesuaikan dengan ketukan. (Jangan cepat2)
--> Utk ADHD dan Epilepsi
Belahan otak kanan mengontrol belahan tubuh
kiri dan sebaliknya. Gerakan merangkak sangat menunjang dan mengarahh pada
koordinasi kiri dan kanan.
4. KAIT RILEKS (HOOK UPS)
Tujuan :
1. Pemusatan secara emosional 9mengurangi
kepekaan yang berlebih)
2. Lebih relaks
3. Perhatian seksama
4. Keseimbangan jasmani dan koordinasi
5. Lebih Percaya diri
6. Pernapasan lebih baik
7. Meningkatkan kemampuan menghadapi
tantangan, mis : ujian/tes
Waktu : Bag I : + 1 menit
Bag II : + 1 menit
Cara Bag I :
duduk, berbaring atau berdiri silangkan
kaki ki di atas kaki ka & tangan ki di atas tangan ka dengan
posisi jempol ke bawah jari-jari kedua tangan saling menggenggam,
kemudian tarik kedua tangan kearah pusar dan terus ke depan dada.
tutuplah mata dan tarik napas mendalam sambil relaks. pada saat
menarik napas melalui hidung, lidah ditempelkan ke langit-langit mulut 1 cm di
belakang gigi. pada waktu membuang nafas panjang melalui mulut, lidah
dilepaskan lagi.
Bag II:
Setelah bag I selesai kaki ditempatkan
bersebelahan. ujung-ujung jari kedua tangan disambung dengan halus sambil
meneruskan pernafasan mendalam.
Catatan :
Posisi tangan dan kaki dalam bentuk
angka 8 bag I sesuai dengan aliran energi dalam tubuh. menyentuh
ujung-ujung jari tangan bag II menyeimbangkan dan menghubungkan dua
belahan otak. ditambah dengan menepatkan lidah di langit-langit
mulut, maka perhatian dipusatkan pada otak bagian tengah. emosi di dalam
system limbis di hubungkan dengan otak bagian dahi sehingga orang lebih
seimbang secara emosional dan lebih mampu menyesuaikan dengan tuntutan
belajar.
PACE : Sebaiknya
dibuat tiap pagi sebelum pelajaran dimulai dan setiap saat bila diperlukan
perhatian dan konsentrasi.
No comments:
Post a Comment